Ketika Jerapah Menjadi Guru Piano…

 

Biar ini kandang kita ada nafas kehidupannya, saya nulis aah! 😀 Sesuai janji yang saya umbar-umbar di SMS dan Twitter, maka saya ceritakan sejarah pengguruan saya! Hahahaha.

Jadi ini téh awalnya saya ngirim lamaran, bari sebenernya udah telat tanggal.  Si Kak Angie soalnya bilang, “Toh kamu udah lulus Grade 8 ABRSM, cobain aja!”

Ya sudah, dengan harapan yang tidak sampai ke puncak, saya tulis lamaran (80% menjiplak “surat lamaran” bohongan yang dulu dibikin pas kelas XII IPS dan itu ceritanya saya ngelamar jadi guru di Irama olala!).  Hahaha.  Bikinnya malem-malem udah geje gitu.  CV-nya, dari yang dipake buat seleksi Bandung Music Camp dulu, di-Bahasa Indonesia-in.  Dan berkas-berkas lainnya pun titip ke Papa difotokopiin besoknya.  Udah rusuh, tapi kekirim juga sih akhirnya.  

Geus weh, saya lupa.  Hahaha! Lagi rame CCF kelas barunya asyik, terus si Kak Angie bikin konser mini buat murid-murid, jadi saya malah asyik ngulik si Arabesque 1–LAGI.  

Dodolnya, pas abis konser itu, Kak Angie nanya, “Yamaha belum ngasih kabar, Ningrum?”

“Belum, Kak.”

Saya pun pulang dan lihat pameran origami dulu di BTC (penting banget ya cerita ini).  

Daaan, malem itu kita pergi ke bakmi 123 di Jalan Naripan, pas keluar tau-tau si tetangga bawah sebelah bilang ada kiriman, ternyata buat saya dong, dari Yamaha.  Dengan barbarnya sambil makan mi saya buka paket.  Isinya materi audisi! Hahaha! Surat lamaran jiplakan mujarab juga ternyata! Tapi dodolnya itu audisinya cuma 3 hari di depan.  Eyaaah.  Ngebut deh, nyiapin lagu (Arabesque 1 sama Bach yang bahan ujian Royal), belajar nyanyi sambil maen lagu yang dikasih Yamahaha, terus ke Jakarta!

Ya, pada akhirnya, saya pun audisi, dan cukup lama nunggu hasil lagi.  Tapi akhirnya keterima! Yipi!

Januarin kemaren saya ke Jakarta, nginep semalem, ada Seminar Yamaha Pianoforte (nama buku pelajaran pianonya Yamaha).  Getek ya, seminar! Hahaha! Dan ternyata orangnya banyak.  Malah kata seminatornya, baru kali ini nyampe angka 20 (yang ikut seminar ada 25 biji).  

Sejujurnya sih, seminarnya nggak rasa seminar.  Lebih kayak ospek.  Semua harus siap main lagu apapun dari buku Pianoforte yang dikirimin ke kita buat dipelajari, dikasih undian tangga nada + kadens, kadensnya macem-macem, dan kalo pas disuruh maen apa kita gak bisa jadi pulang lebih sore karena mesti diulang sampe bisa.  Yang pamungkasnya, ada orang Jepang yang punya Yamahaha, dan dia suka masuk tiba-tiba, DAN bentak-bentak kalo kita salah.  Ngomongnya nyelekit, udah gitu kok ya adaa aja ngaco-ngaconya. T_T
Sampe ada yang mau nangis segala.  Memang sih, udah dikasitau sebelumnya, Inomoto-san (orang Jepang ini) nggak suka kalo kita keliatan nggak siap.  Jadi seminatornya ngomong, “Kalian tuh harusnya latihan! Sampe pagi juga gapapa di sini latihan!”

Saya sama 2 temen sekamar saya pun jadi galau.  Hahaha! Akhirnya begitu beres seminar jam 4an gitu, kita langsung ke apartemennya (Aryaduta), mandi-mandi, makan di Plaza Semanggi, dan langsung ke gedung Yamaha lagi! Latihan doong, sampe jam 12 malem.  Oh ya, ada PR juga, bikin 10 melodi buat hearing dari grade 13-10.  Sakti dah.  Jadi kita latihan, bikin PR, udah gitu terkantuk-kantuk bersama.  Udah itu gedung Yamaha isinya tinggal kita ber3 + Pak Satpam.  

Besoknya kita pun dateng pagi banget.  Saking takutnya.  Huahahahaha! Tiba-tiba pas lagi tang ting tung, pintu ruangan yang saya pake dibuka.  Saya kira kan temen, jadi saya nolehnya santai-santai.  Tau-tau tampaknya Inomoto-san.  Wahahaha! Kagetnya kayak apa.  Dia panik gitu, minta bolpen, minta kertas, udah gitu disuruh tulis nama.  Dan dia invasi juga ke dua temen saya itu.  

Begitu beliau pergi kita kayak yang… “Tadi téh apa!?”

Kemudian seminar lagi deh, dan keliatan banget udah pada lebih siap, malah si orang Jepang udah ayem (kerasa banget yang kemaren agak akting, sih).

Ya udahlah, terus seminarnya beres, pulang, nunggu ditempatin.  

Sebulan, dua bulan, gak dikabarin, GALAU.  Hahahaha! Tapi tiba-tiba ditawarin murid sama Mbak Wati yang di Irama, sayangnya jadwalnya Sabtu siang pas saya CCF, jadi gak bisa.  😥   

Saya malah sempet dipanggil sama sekolah musik indie Andantino, di Nakula & Gerlong.  Namun gejelah yang ada. Ngasisten, tapi…saya seneng banget sama anak-anak yang saya ikut pegang.  Yang satu masih kecil, mukanya mellow, anak cowok.  LUCUUUU ❤

Satunya anak SD kelas 6, agak tomboy dan suka berbunyi-bunyi aneh, tapi dia pun lovable! ❤ Pinter pula.  
Satunya lagi, SD juga, kelas 4/5, anaknya penurut banget, dan kuat, latihan tambahan abis les 1 jam, sejam berikutnya dia masih tabah ngulang-ngulang satu-dua lagu doang.  ❤

Udah gitu kan CCF saya udahan.  Kelasnya abis, beres ujian, dan waktu udah siap daftar kelas berikutnya, ternyata karena gak ada orang yang daftar selain saya & temans seangkatan, jadi gak ada kelasnya. :/  Sampe saya gak boleh bayar dulu karena gak jelas nasibnya.  

Ya sudah…saya tralalatrilili menunggu godot, tau-tau ditelepon Irama, mau dikasih murid! Berhubung CCF yang tadinya pasti Sabtu, nasibnya tidak pasti, ya saya terima aja. 😛  

Sabtunya pan saya dateng, yang masuk kelas 2 biji.  Adik cewek + kakak cowok, umur 6 sama 8.  Yang les sih adiknya doang, dan ini anaknya unyuuu.  Kecil! Tangannya juga masih bakekok.  Pas udah beres lesnya, si kakaknya tiba-tiba minta les juga.  

Alhasil saya dapet sepaket kakak adik dalam sehari.  

Itu hari pertama ngajar resminya.  🙂

Minggu depannya, saya ditelepon Braga Music.  Nah, ternyata saya ditempatin di situ sama Yamahanya. Tepatnya yang di Purnawarman (enak, kalo mau nyegat pesawat tinggal nyebrang + tunjuk tangan)  :))
Dan ternyata muridnya sepaket kakak-adik juga! Anak-anaknya manis <3.  Muah, muah!

Begitulaaah. 😀  

…errr, sekarang nggak tau mau nulis apa.  

Bagaimanakah cerita dua penghuni Kandang yang lain? 🙂  Saya kangen!!! ❤

 

Advertisements

2 responses to this post.

  1. Posted by Deby on July 11, 2015 at 3:17 pm

    Blh mnta email?mau nanya yamaha

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: